Monday, April 29, 2024 9:04

Tamzis Pasar Festival “Resik Pasare, Berkah Rejekine”

Posted by on Tuesday, August 25, 2009, 14:00
This item was posted in Inspirasi and has 0 Comments

kertek3TAMZIS Baituttamwil mengadakan festival pasar tradisional “TAMZIS PASAR FESTIVAL” dengan tema ” BERSIH PASARE, BERKAH REJEKINE” harapannya dapat membawa ‘angin segar’ kepada pedagang untuk selalu memenuhi tuntutan dari masyarakat modern seperti bersih, rapi, tidak becek, pelayanan bagus dan sebagainya. Dengan adanya festival ini, dapat memberi kesadaran berbenah diri kepada pedagang sekaligus dapat menarik masyarakat luas untuk berbelanja di pasar tradisional khususnya pasar tradisional Kertek.

Pasar tradisional Kertek, menjadi garapan pertama bagi TAMZIS dalam mempromosikan pasar tradisional agar diterima oleh masyarakat modern. Sesungguhnya merosotnya jumlah masyarakat yang berkunjung ke pasar tradisional tidak sepenuhnya akibat kehadiran pasar modern. Tapi, bisa jadi lemahnya manajemen pengelolaan dan keterampilan para pedagang menata komoditas dagangan serta rendahnya kemampuan menjaga lingkungan.

Pasar Kertek terdiri dari kurang lebih 2.000 pedagang kios dan kaki lima. Untuk target membangun kesadaran pedagang dengan adanya festival ini, TAMZIS mentargetkan 50% atau 1.000 pedagang . Dan alhamdulillah, para pedagang secara bertahap telah melakukan perbaikan terutama kebersihan dan menata barang dagangannya. Adapun peserta yang ikut festival “TAMZIS PASAR FESTIVAL” , “Bersih Pasare Berkah Rejekine” mencapai 900 lebih peserta. Adapun kriteria festival pasar, pertama, kebersihan lingkungan. Kedua, kerapian dan keindahan barang dagangan. Ketiga, pelayanan terhadap pedagang.

Dari hasil festival “TAMZIS PASAR FESTIVAL”, “Bersih Pasare, Berkah Rejekine”. Sebagaimana penuturan Ibu Jamilah mengatakan cukup senang dengan acara festival ini, dapat menjadi motivasi bersama melakukan perubahan dan perbaikan. Berbeda dengan Bapak Untung, karyawan Dinas Pasar berkomentar bahwa ide TAMZIS ini sangat bagus dan cemerlang, mudah-mudahan ada tindak lanjutnya.

Kamis tanggal 20 Agustus 2009 adalah puncak TAMZIS PASAR FESTIVAL “Bersih Pasare, Berkah Rejekine” yang akan dimeriahkan oleh para pedagang, masyarakat dan pihak-pihak yang terkait seperti BAPEDA, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kebersihan, Dinas PU, Dinas Perindag, Dinas pasar Kertek, dan Muspika Kertek. Puncak Acara TAMZIS PASAR FESTIVAL berlangsung pada tanggal 20 Agustus 2009 sekaligus pembagian hadiah pemenang festival.

Mudah-mudahan dengan adanya TAMZIS PASAR FESTIVAL “Bersih Pasare, Berkah Rejekine” dapat memajukan pasar tradisional serta dapat menarik pengunjung untuk datang khususnya di pasar tradisional Kertek. Mari belanja di pasar tradisional!.

www.tamzis.com

Comments are closed.