Monday, April 21, 2014 3:59

LAZ Sediakan Ambulans untuk Kaum Dhuafa

Posted by permodalanbmt on Wednesday, July 15, 2009, 8:30
This item was posted in Inspirasi and has 0 Comments

Lembaga Amil Zakat (LAZ) Binamas Purworejo menyediakan sebuah mobil ambulans bagi kaum dhuafa. Pengoperasian mobil tersebut ditandai pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Drs. H. Mahzun Zain di sela-sela Upacara Hari Koperasi di halaman kantor Setda Purworejo, Senin (13/7) kemarin.

ambulans-binamasMobil ambulans tersebut disediakan untuk kaum dhuafa. Kriterianya antara lain bagi warga yang tidak memiliki penghasilan tetap. Bagi mereka itu bisa menggunakan mobil ambulans secara gratis.

Mobil tersebut setiap hari diparkir di kantor BMT Binamas Jl. Urip Sumoharjo 80. Purworejo. Semula mobil ambulans tersebut dibeli dari dana donatur. Para donatur merupakan masyarakat muslim Purworejo.”Lembaga Amil Zakat diberi amanat oleh para donatur untuk mengoperasikan mobil ambulans tersebut,”kata mabnager LAZ Purworejo, Nur Khamid Maulana.

Karsiwi Tri Setyantoro selaku penanggungjawab LAZ kemarin menyatakan, lembaga tersebut merupakan divisi sosialnya BMT Binamas Purworej. Sekaligus merupakan satu-satunya LAZ yang dipercaya pemda setempat melalui SK Bupati Nomor 188.4/318/2002. Khususnya untuk menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana ZIS (zakat, infaq dan shodaqoh).

Dukungan Masyarakat

Dijelaskan, pengadaan ambulans tersebut berkat dukungan dari warga masyarakat yang berupa wakaf dengan nominal Rp 25 ribu sampai dengan Rp 1 juta/orang. Dan sampai Juni 2009 mobil ambulans Suzuki APV GX seharga 164 juta dapat direalisasikan. Diharapkan dengan adanya program pengadaan mobil ambulans gratis itu warga masyarakat Purworejo khususnya kaum dhuafa yang membutuhkan dapat terbantu dan tepat sasaran.

Di smping program pengadaan ambulans, LAZ BMT Binamas Purworejo yang dipimpin Nur Khamid Maulana kemarin juga memberikan bantuan beasiswa dan pendampingan kepada 29 anak dari keluarga tidak mampu. Mereka itu terdiri atas 20 siswa SMA dan 9 siswa SMP. Jumlah dananya untuk murid SMA/SMK Rp 80 ribu dan SMP/MTs Rp 70 ribu/anak/bulan.”Alhamdulillah untuk tahun ini kami dari lembaga bisa mendampingi dan memotivasi empat anak dari keluarga tidak mampu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri,”katanya.

Dalam hal ini tiga anak melanjutkan di Universitas Indonesia dan satu anak ke Universitas Negeri Surakarta (UNS). Berkenaan dengan itu bagi masyarakat yang akan beramal bisa menghubungi LAZ BMT Binamas yang beralamat di Jl. Urip Sumoharjo 80 Purworejo, Telp. (0275) 322854. (ss)

Comments are closed.