Monday, May 20, 2024 0:41

BMT se-Kota Semarang Rembug Persoalan Pajak

Posted by on Monday, April 13, 2009, 0:16
This item was posted in Inspirasi and has 0 Comments

Semarang, Asosiasi BMT Kota Semarang (ABKS) setiap bulan pada pekan kedua senantiasa melaksanakan Rapat Koordinasi. Begitu pula di bulan ini. Pada Selasa (11/11/ 2008) Rapat Koordinasi di gelar di BMT Ki Ageng Pandanaran Jl. Mugas Dalam No. 11, Semarang.

Pada Koordinasi kali ini membahas beberapa agenda, di antara yang paling menyita perhatian adalah persoalan pajak. Adanya sunset policy dan kemungkinan paska itu menjadi pembahasan yang serius. Karena biasanya setelah adanya sunset pasti akan ada peraturan yang tegas. Oleh karena itu BMT merupakan badan hukum dan memiliki NPWP perlu menyesuaikan diri.

Setelah melalui pembahasan yang cukup seru, untuk masalah-masalah yang terkait dengan persoalan perpajakan, diputuskan bahwa Asosiasi harus memberikan pelatihan teknis sekaligus sebagai ajang konsultasi dengan konsultan pajak.

Pembahasan yang tidak kalah serunya adalah mengenai evaluasi kinerja keuangan per- BMT. Memang sudah menjadi agenda rutin Anggota ABKS setiap bulannya harus menyerahkan laporan keuangan (neraca & L/R) kepada Asosiasi untuk dievaluasi. Kemudian hasilnya dibahas pada pertemuan itu. Masing-masing BMT dapat memberikan masukan, kritik dan saran kepada sesama anggota untuk memperbaiki kinerjanya. Hal semacam ini yang membuat BMT-BMT di wilayah Kota Semarang senantiasa terlihat dinamis dan terjaga kualitasnya. (abks)

Comments are closed.