Friday, April 26, 2024 4:20

BMT Ventura targetkan pembiayaan Rp 84 miliar

Posted by on Friday, November 5, 2010, 0:06
This item was posted in Berita and has 0 Comments

JAKARTA. Bisnis pembiayaan mikro PT Permodalan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Ventura terus menggeliat. Tahun ini, BMT Ventura menargetkan bisa menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 84 miliar. Dana tersebut bisa membiayai sekitar 15.000 pengusaha mikro.

Chief Executive Officer (CEO) Permodalan BMT Ventura Saat Suharto mengatakan, BMT Ventura akan mengandalkan sumber dana dari linkage program (kredit turunan). “Saat ini, 58% sumber dana BMT Ventura berasal dari perbankan syariah,” ujarnya, Selasa (2/11). Hingga September 2010, lembaga pembiayaan mikro syariah ini sudah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 62 miliar.

Ada beberapa bank syariah yang berkomitmen memberikan kredit turunan kepada BMT Ventura. Antara lain: Unit Usaha Syariah (UUS) BTN sebesar Rp 10 miliar-Rp 15 miliar, Bank Syariah Mandiri Rp 10 miliar, Bank Muamalat Indonesia Rp 5 miliar, dan BNI Syariah Rp 10 miliar.

Sumber pendanaan lainnya berasal dari pola kemitraaan dengan perusahaan-perusahaan. Selasa (2/11), BMT Ventura menjalin program kemitraaan penyaluran pembiyaan dengan PT PP untuk membantu pengusaha mikro dan kecil (UMK). Total dana yang digelontorkan PT PP melalui BMT Ventura sebesar Rp 782 juta.

BMT Ventura menyalurkan 63% pembiayaannya ke sektor perdagangan, 22% ke sektor jasa, 7% pertanian, 6% industri kecil, dan 2% konsumsi. Tahun depan, BMT Ventura akan mengembangkan sayapnya ke Lampung dan Sulawesi.

sumber: Kontan

Comments are closed.