Monday, December 22, 2014 8:59

Kupas Tuntas Akad Murabahah

Posted by on Wednesday, May 27, 2009, 10:32
This item was posted in Terbaru and has 0 Comments

Sumber daya manusia merupakan faktor kunci dalam keberhasilan sebuah lembaga. Di tengah persaingan yang semakin ketat di dunia jasa keuangan mikro, Asosiasi BMT Wilayah Kedu mengadakan pelatihan tentang akad pembiayaan dengan pokok bahasan AKAD MURABAHAH.

pelatihan-akad2Mengapa akad Murabahah dijadikan pokok bahasan, karena akad ini banyak dipakai dan dipraktekkan oleh semua BMT atau lembaga keuangan syariah lainnya dan menjadi akad primadona.

Akad Murabahah banyak dipakai karena kelenturan dan keluwesan dari akad ini yang tidak mengandung resiko, dan mudah dalam perhitungannya. Tapi sudahkah praktek Murabahah yang selama ini kita jalankan sesuai dengan syariah ? Dan sudah memenuhi ketentuan-ketentuan dalam akad Murabahah ? Pertanyaan yang menimbulkan keraguan ini selalu muncul di benak sanubari para pengelola BMT. Jangan-jangan praktek murabahah yang dijalankan tidak jauh alias sama dengan praktek riba selama ini.

Untuk menjawab keraguan tersebut, Asosiasi BMT Wilayah Kedu menggelar sebuah acara dengan tajuk ” KUPAS TUNTAS AKAD MURABAHAH ” pada tanggal 25 Mei 2009 di Hotel Ning Tidar Magelang. Pelatihan diikuti oleh 65 manager dan kepala bagian pembiayaan  utusan dari BMT-BMT se wilayah Kedu. Bertindak selaku pemateri 1 adalah DR. H. Muhammad, MAg ( Direktur Sekolah Tinggi Ekonomi Islam / STEI Jogjakarta ) yang akan mengupas dari sisi landasan teori dan fiqh akad  Murabahah dan pemateri 2 adalah H. Abdul Hadi Nashir, SE ( Ketua Dewan Syuro’ Asosiasi BMT Jateng / Pimpinan KJKS BMT BIMA ) yang akan memberi materi Aplikasi Akad Murabahah beserta perhitungannya. Dalam pelatihan ini banyak pertanyaan dari peserta di seputar aplikasi akad Murabahah.

Diharapkan selepas dari pelatihan ini para pengelola BMT tidak ragu lagi dalam mempraktekkan akad Murabahah atau lebih menyempurnakan aplikasinya di lapangan. Disamping itu hasil pelatihan ini akan muncul komitmen bersama untuk melaksanakan sisdur Murabahah yang seragam di semua BMT wilayah Kedu .  Karena besarnya minat pengelola BMT akan pelatihan ini maka rencana akan digelar pelatihan untuk angkatan ke 2 dengan tempat dan pemateri yang sama pada tanggal 15 Juni 2009. ( Abu Hakim – Biro Kedu )

Comments are closed.