Thursday, April 25, 2024 22:03

Cerita Menarik dan Unik dari Negeri Jiran

Posted by on Wednesday, December 28, 2011, 14:25
This item was posted in Artikel and has 14 Comments

KUALA LUMPUR- BMT Summit 2011 berlangsung di Jakarta-kuala lumpur menjadi menarik dan memberi suasana sendiri dalam perkembangan BMT-BMT di Indonesia. Selain karena BMT yang selama ini masih tergolong bergerak didesa-desa dan juga konnsisten melayani kebutuhan umat dilevel bawah atau mikro.
Malaysia, bagi orang Indonesia menjadi negara yang sering membuat darah mendidih, alasannya sederhana, karena selalu mengalahkan olah raga favorit di Indonesia, sepok bola. Terakhir, dengan scor 1-0 di Sea Games 2011di Palembang. Bertepatan dengan pemberangkatan rombongan PBMT Indonesia ke Malaysia.
Benak-benak akan jadi guyonan dan ledekan antar negara satu rumpun tertanam dalam pikiran peserta rombongan, mesti sebagian ada yang nyeletuk dengan rendah hati, kita harus belajar kepada siapa saja dan apa saja yang lebih unggul dari kita. Walau belum bisa menerima sepenuhnya, sepertinya memang begitu jika ingin unggul dimasa depan, sambil mengiyakan pendapat, tanda setuju.
Memang, bicara lembaga keuangan Islam, malaysia lebih maju dan lebih berkembang dari Indonesia. Salah satu alasannya adalah mereka dapat dukungan penuh dari pemerintah (Top Down), sedang BMT-BMT Indonesia harus berjuang sendiri untuk mandiri (bottom-up). Perlu kita akui, Malaysia mempunyai visi besar yakni visi 2020, menjadi salah satu negara maju di Asia yang digagas oleh perdana menteri Mahatir muhamad.
Niat belajar, melihat langsung dan merasakan kondisi negeri jiran, membuat langka rombongan PBMT Indonesia menjadi semakin mantap dan optimis dimasa depan, apalagi PBMT Indonesia setelah mendeklarasikan Haluan BMT 2020 yang tak jauh berbeda dengan visi 2020 Malaysia.
Meski masih satu rumpun, yakni melayu. Para rombongan tidak merasa bingung dan belajar bahasa lain, mirip-miriplah, kata sebagian peserta. Belum tahu, bahwa mirip-mirip itu juga ada yang berbeda.

Humor dan kelakar
Ada sebagian peserta mengatakan bukan Indonesia kalau belum membuat kekurangan menjadi kelebihan, tidak mengerti sepenuhnya bahasa melayu adalah kekurangan, tapi bagaimana kekurangmengertian menjadi bahasa universal, kesalingpahaman. Minimal paham apa yang dimaksudkan lawan bicara.
Emy, salah satu pemandu bis wisata selama perjalanan di malaysia, orang cerewet dan suka berkelakar khas melayu. Satu lagi, sedikit centil dan sesuatu banget. Mesti asing ditelingah tapi menarik untuk selalu didengar. Ingat bahasa roman melayu Indonesia, Siti Nurbaya tahun 90-an dan Diva dari negeri jiran Siti Nurhaliza.
Emy dengan nada ceplas-ceplos mengatakan “kita akan pusing-pusing biar seronok-seronok”, para peserta semua bingung, apa maksudnya? Rombongan pun, menanyakan apa artinya? Eh.., ternyata, pusing-pusing itu artinya keliling-keliling dan seronok artinya bahagia atau senang. Gelak tawa pun terdengar kompak para peserta roudshow BMT.
Tak hanya itu, peserta juga dilarang ketika haus mengatakan “minta Aqua” sebagaimana kebiasaan di Indonesia, karena Aqua bermakna orang berkemaluan ganda (banci) di Malaysia. Tetapi menggunakan “minta air mineral”. “ada-ada saja” komentar salah satu peserta.
Pak Prof. Akhyar adnan, dewan pakar PBMT Indonesia dan juga guru besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta lulusan Internationa Islamic University Malaysia (IIUM) menambahkan jangan sekali-kali menggunakan kata “butuh” karena di malaysia mempunyai arti yang tidak bagus yakni alat kemaluan. Tapi memakai kata “perlu”.
Dan itu kejadian betul, ketika berada di IIUM, salah satu peserta lupa menggunakan “butuh” ketika bertanya kepada pihak Universitas, tak disangka sebagian peserta tertawa dan senyum-senyum kecil, tapi untung temen sebelahnya mengingatkan.
Yang menarik lagi, semua istilah-istilah tadi menjadi bumbu-bumbu penyedap disepanjang tiga hari saat berada di Malaysia. Dan semua peserta BMT Summit 2011 optimis bisa menjalankan Haluan BMT 2020 dengan perjuangan keras dan tetap selalu meminta ridha dari Allah Swt. Menjadi seperti Malaysia tidak ada yang tidak mungkin. Amin.

sumber: zubaer

Yang menarik lagi, semua istilah-istilah tadi menjadi bumbu-bumbu penyedap disepanjang tiga hari saat berada di Malaysia. Dan semua peserta BMT Summit 2011 optimis bisa menjalankan Haluan BMT 2020 dengan perjuangan keras dan tetap selalu meminta ridha dari Allah Swt. Menjadi seperti Malaysia tidak ada yang tidak mungkin. Amin.

14 Comments

  1. assalam,,, kok g pernah update berita lagi nih PBMT, terakhir kok desember 2011

  2. Assalam. pergerakan tiada henti, ghiroh pemberdayaan ekonomi umat dengan semangat ibadah dan meraih ridho ALLAH. semangat itu , REDUP PUN TIDAK, APA LAGI PADAM. inilah gerakan BMT. saya ingat BMT bisa siapa saja yang mengelola tapi ke BMT an adalah pembentukan karakter unggul yang tertanam pada pribadi.

  3. agus

    Katanya menjalankan syariah, masa para manajer bmt ketika summit di batam ama singapura pada borong barang black market, manaaaa syariahnya, padahal tahu hukum Allah???????

  4. agus

    Katanya menjalankan syariah, masa para manajer bmt ketika summit di batam ama singapura pada borong barang black market, manaaaaaaaaa syariahnya, padahal tahu hukum Allah???????

  5. pa agus barang black market sepengetahuan saya istilah tersebut ditujukan untuk hukum negara

  6. whoah this blog is great i love reading your articles. Keep up the good work! You know, lots of people are hunting around for this info, you could help them greatly.

  7. Hiya, I’m really glad I have found this information. Today bloggers publish just about gossips and internet and this is really annoying. A good blog with exciting content, this is what I need. Thank you for keeping this web-site, I’ll be visiting it. Do you do newsletters? Can’t find it.

  8. I always pay a visit to your weblog and retrieve everything you post here but I never commented but today when I saw this post, I couldn’t stop myself from commenting here. Fantastic post mate!

  9. You need to be a part of a contest 1st of the most effective blogs online. Let me suggest this weblog!

  10. Hello there! I could have sworn I’ve been to this weblog before but right after reading by way of some of the post I realized it is new to me. Anyhow, I’m undoubtedly pleased I located it and I’ll be book-marking and checking back often!

  11. Thank you for sharing with us, I feel this website truly stands out : D.

  12. Attractive part of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to claim that I acquire in fact enjoyed account your blog posts. Any way I’ll be subscribing to your feeds and even I achievement you get entry to constantly quickly.

  13. Thank you of this blog. That’s all I’m able to say. You certainly have produced this internet internet site into an item thats attention opening in addition to essential. You certainly know a great deal of about the niche, youve covered a multitude of bases. Wonderful stuff from this the main internet. All more than again, thank you for the weblog.

  14. Hello there, You’ve done an excellent job. I’ll definitely digg it and personally recommend to my friends. I am sure they’ll be benefited from this website.|

Leave a Reply