Thursday, April 25, 2024 18:40

Putrajaya; Kota Baru Penuh Visi

Posted by on Wednesday, December 28, 2011, 11:23
This item was posted in Inspirasi and has 2 Comments

KUALA LUMPUR- Mendengar Malaysia, pastilah ingin mengunjungi pusat kota yakni Kuala Lumpur. Daya tarik yang menakjubkan adalah twin tower atau menara kembar yang menjadi simbol kejayaan Negara menuju Negara modern.

Selain simbol modern, Kuala Lumpur juga sebagai pusat perniagaan yang menyimpan beberapa visi dan misi Malaysia dimasa datang yakni Visi 2020, menjadi Negara maju. Kami berserta roadshow PBMT Indonesia mempunyai kesempatan melihat langsung pusat tahapan-tahapan peradaban Malaysia dibangun dan akan terus berkembang.

Kita bisa belajar, bagaimana Malaysia yang merdeka tahun 1957, terpaut 12 tahun dari Indonesia bisa begitu tertata dan maju pesat dalam hitungan tahun, bahkan mempunyai target menjadi Negara maju pada tahun 2020, bagaimana dengan Indonesia?

Memang, ada beberapa alasan yang dilontarkan oleh orang Indonesia di sela-sela roadshow PBMT Indonesia terhadap Malaysia, antara lain, Malaysia adalah Negara jajahan Inggris yang memang dididik kedisiplinan, Malaysia penduduknya sedikit hanya 28,5 juta sedang Indonesia lebih dari 200 juta lebih, selain itu, Malaysia wilayahnya kecil dan masyarakatnya mudah diatur. Ini bukan membandingkan, tapi ingin belajar dari kelebihan Negara manapun.

Putrajaya

Putrajaya, sengaja kota baru yang dibuat untuk pusat administrasi baru yang sebelumnya di kuala lumpur yang bernama Pusat Pentadbiran Kerajaan Persekutuan Putrajaya. Gedung-gedung untuk departemen-departemen dibangun di Putrajaya dengan pusatnya kantor Perdana Menteri. Di sana ada dua masjid yang cantik. Ada danau buatan yang luas, dihubungkan dengan jembatan-jembatan yang megah yang bernama Jambatan Putra dan Jambatan Seri Perdana.

Rombongan BMT diajak untuk berkunjung ke Perdana Leadership Foundation (Kantor Tun Dr. Mahathir Muhammad) di Putrajaya untuk mendengar dan melihat langsung visi dan misi Malaysia 2020 disampaikan yang disusul dengan melihat koleksi perpustakaan dan berfoto bersama.

kita tahu, Wawasan 2020 atau Visi 2020 adalah visi malaysia yang diperkenalkan oleh mantan perdana menteri Malaysia,Mahathir mohammad sejak tahun 1991. Visi ini berisi bahwa negara Malaysia akan menjadi negara maju pada tahun 2020, disegala bidang ekonomi, politik, sosial, kerohanian, psikologi, kualitas hidup dan keyakinan.

Setelah berkunjung di perdana leadership foundation, rombongan BMT diajak untuk melihat suasana dataran kemerdekaan putrajaya dan Istana Darul Ehsan sembari makan siang dan melihat panorama kemegarahan bangunan putrajaya.

Menurut pemandu, putrajaya menjadi salah satu daya tarik tersendiri wisatawan datang ke Malaysia, selain kemegahannya juga konsep yang coba diwujudkan dalam kenyataan yang menggabungkan nilai seni kontruksi dan seni kontemporer, kerapian dan keindahan.

Beberapa peserta rombongan, merasa kagum dan termotivasi, bagaimana manusia bisa menciptakan sebuah keindahan seperti putrajaya. Karena selama ini, dunia sering di sajikan Tajmahal, masjid-masjid timur tengah dan jembatan-jembatan Amerika, tapi di putrajaya terasa disajikan lengkap.wonderfull!

Tak kalah, melihat kenyataan Malaysia seperti itu, Rombongan PBMT Indonesia terasa optimis dengan Haluan 2020 yang merupakan cetak biru gerakan BMT 2020 bisa mencapai kejayaan sebagai lembaga keuangan Syariah bisa bermanfaat melayani umat dimasa datang. BMT Rahmatan Lil Alamin. Insyaallah.

sumber: Zubaeri

2 Comments

  1. Berpacu dengan Malaysia untuk pengembangan BMT. Siip!!

  2. putrajaya kota yang penuh dengan keteraturan dan tertata dengan apik , putrajaya bisa diibaratkan wajah dari pemerintah malaysia yang bisa mengurus negaranya , harapannya yang ikut ke putrajaya bisa mempercantik bmt di indonesia agar secantik putrajaya , berharap bolehkan , karena harapan adalah gambaran awal dari masadepan , terus maju bmt indonesia semoga bisa secantik putrajaya

Leave a Reply