Friday, April 26, 2024 3:39

BMT SUMMIT 2011 Goes to International

Posted by on Tuesday, November 29, 2011, 16:37
This item was posted in Berita, Terbaru and has 26 Comments

Suasana forum di Cibubur

Oleh: Awalil Rizky

(Ketua II Perhimpunan BMT Indonesia dan Chief Economist PT. Permodalan BMT Ventura)

Pendahuluan

Perhimpunan BMT (PBMT) Indonesia selama tiga tahun terakhir telah menyelenggarakan pertemuan tahunan yang disebut BMT Summit. Forum silaturahmi para pengurus dan manajer puncak berbagai BMT itu dirancang secara berbeda setiap tahunnya, disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan terkini gerakan BMT. Pada tahun 2010 dikemas sebagai “BMT SUMMIT dan TOP MANAGEMENT BMT WORKSHOP” di hotel Bidakara Jakarta, dimana banyak nara sumber yang dihadirkan, serta publikasi ke media masa cukup gencar dilakukan. BMT Summit 2010 diyakini telah semakin memperkuat konsolidasi antar BMT, mempertegas jati diri, memperkaya wawasan para top manajer, serta memperluas komunikasi kepada pihak lain.

BMT Summit 2011 dirancang sebagai lanjutan dari pertemuan tahunan sebelumnya serta disinergiskan dengan berbagai kegiatan dan tahap konsolidasi yang sudah dilakukan jaringan PBMT Indonesia. Secara internal, penekanan diberikan pada dua hal. Pertama, peningkatan kualitas sumber daya insani, yang dalam hal manajer puncak atau pengurus adalah pematangan visi. Kedua, peningkatan standarisasi operasional di lingkungan PBMT Indonesia. Sedangkan secara eksternal adalah peningkatan sosialisasi kepada para pihak tertuju yang menegaskan posisioning BMT dalam perekonomian nasional.

Rangkaian acara BMT Summit 2011 dimulai dengan forum pembukaan internal pada pukul 14.00 hari Ahad 20 Nopember 2011 di gedung Dewantoro, taman rekreasi Wiladatika, bumi perkemahan Cibubur, Jakarta. Forum diikuti oleh sekitar 180 orang dari 102 BMT berbagai wilayah di Indonesia. Acara dibuka dan diberi sambutan tunggal oleh Joelarso selaku ketua umum PBMT Indonesia.

Setelah diselingi dengan upacara pelantikan Kordinator Wilayah dan beberapa Koordinator Daerah se Jawa Barat, acara dilanjutkan dengan pengarahan oleh Ketua Majelis Wali Amanah PBMT Indonesia, Ery Sudewo. Beliau menekankan pemeliharaan dan pembinaan karakter BMT yang sudah mulai terbentuk itu sebagai hal paling penting bagi pengembangan BMT selanjutnya.

Pada malam hari, DPP PBMT Indonesia menyampaikan laporan perkembangan program kerja setahun berjalan, analisis kondisi umum gerakan BMT, serta rencana kerja tahun mendatang. Meski tidak bersifat pertanggungjawaban, yang akan dilakukan di Musyawarah Nasional, DPP merasa perlu mensosialisasikan apa yang sudah dan apa lagi yang akan dilakukan agar mendapat dukungan semakin kuat dari seluruh anggota. Salah satu hal baru yang dibahas cukup mendalam adalah rencana kerja BMT Institute yang pada tahun 2012 akan banyak menyelenggarakan diklat sekaligus program sertifikasi bagi para manajer, yang sudah dimungkinkan dengan legalitas dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pembukaan yang bersifat seremoni dengan menghadirkan tamu undangan dilakukan pada hari Senin, 21 Nopember 2011 di gedung Sarbini, Wiladatika, Cibubur. Selain 180 peserta, ada sekitar 40 tamu undangan yang mengikuti acara ini. Sambutan disampaikan oleh Awalil Rizky selaku ketua panitia pengarah dan Pariaman Sinaga, deputy pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM. Sebelum membuka acara secara resmi, Dr. Pariaman Sinaga yang mewakili Menteri menyambut antusias komitmen PBMT Indonesia terhadap gerakan koperasi dan percaya bahwa BMT bisa menjadi salah satu soko guru perekonomian Indonesia.

Prasasti Deklarasi Haluan BMT 2020

Acara puncak dari BMT Summit 2011 ini adalah deklarasi Haluan BMT 2020. Haluan BMT 2020 dirancang sebagai rekomendasi kebijakan (policy recommendation) bagi BMT-BMT dan PBMT Indonesia dalam menghadapi segala perubahan yang terjadi di masa mendatang, sekaligus menjadi arah kebijakan (policy direction) yang harus ditempuh dalam kurun waktu sepuluh tahun ke depan. Isinya menyangkut hampir semua aspek utama yang berhubungan dengan operasional BMT seperti misalnya kelembagaan, struktur, pengawasan, pengaturan dan lembaga penunjang lainnya. Walaupun bersifat policy direction, Haluan itu juga memuat tahapan-tahapan dan langkah-langkah kegiatan atau Rencana Aksi (action plans) yang merupakan inisiasi-insiasi kongkrit mengenai implementasinya.

Dengan adanya Haluan, diharapkan para pejuang BMT bersama-sama dengan stakeholders lainnya akan mengetahui bagaimana bentuk dan wujud BMT dalam kurun waktu sepuluh tahun ke depan. Mereka semua akan lebih mudah untuk melakukan perencanaan masing-masing dan saling mendukung satu dengan lainnya.

Secara formal organisatoris, Haluan BMT 2020 telah ditetapkan setahun lalu pada forum Musyawarah Nasional, yang merekomendasikan penulisan redaksional kepada suatu tim, setelah diputuskan tambahan beberapa poin dari draft dasar yang dibahas. Pada BMT Summit 2011 ini, naskah yang sudah selesai ditulis, dibagikan dan disosialisasikan, kemudian dideklarasikan kepada publik. Deklarasi ditandai dengan penandatanganan lembar besar oleh semua yang hadir. Lembar itu diharapkan menjadi bukti otentik kebulatan tekad untuk mewujudkan Visi Haluan BMT 2020, yaitu: “BMT sebagai soko guru perekonomian Indonesia yang bercirikan masyarakat produktif, sejahtera dan diberkahi Allah SWT.

Acara deklarasi diisi pula oleh orasi beberapa tokoh yang kemudian ikut membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan. Yang berorasi sesuai dengan tema keahlian masing-masing yang dikaitkan dengan tantangan serta peluang BMT sampai dengan tahun 2020 adalah: Dr. Hendri Saparini, Dr. Burhanuddin Abdullah, Dr. Sofyan Djalil, dan Parni Hadi. Para tokoh lain yang turut membubuhkan tanda tangan adalah: Erie Sudewo, Aries Mufti, Dr. Akhyar Adnan, dan Dr. Adiwarman Karim.

Bang Adiwarman Karim biasa di panggil, kemudian memberi ceramah disertai tanya jawab tersendiri selama hampir 2 jam. Beliau memberi semangat disertai penjelasan ilmiah mengenai peluang besar keuangan syariah pada umumnya dan BMT pada khususnya saat ini dan tahun-tahun mendatang. Kedekatannya dengan para pejuang BMT yang sudah terbina selama lebih dari 5 tahun, membuat ceramah beliau mengalir dan langsung mengena disanubari hadirin.

Acara selanjutnya adalah diskusi antar peserta sekaligus kesempatan untuk memberi masukan kepada DPP PBMT Indonesia. Suasana forum ternyata berkembang lebih kepada ungkapan komitmen kepada pelaksanaan haluan BMT 2020, serta penyampaian harapan dan imbauan kepada semua stake holder. Ada nuansa optimis yang terbangun, meski disadari pula bahwa yang ingin dicapai adalah suatu cita-cita besar yang akan memerlukan kerja amat keras, semangat berjuang yang tinggi dan konsistensi para pejuang BMT kini dan di masa mendatang.

Pagi-pagi sekali dari Wiladatika Cibubur, rombongan BMT Summit 2011 bertolak ke bandara Soekarno Hatta untuk penerbangan ke Kuala Lumpur, Malaysia. Sebanyak 134 orang (sebagian peserta hanya mengikuti rangkaian acara di Jakarta) akhirnya tiba di bandara Kuala Lumpur sekitar jam 12, langsung ke hotel Regency, tempat menginap. Sore harinya sempat ada acara tour ke Twin Tower dan melakukan beberapa sesi foto bersama.

Sambutan Bapak. Mulya Wirana (kuasa ad interim Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Malaysia)

Acara utama yang pertama di Kuala Lumpur adalah makan malam bersama masyarakat Indonesia dan Duta Besar di kedubes RI di Malaysia. Makan malam dimulai dengan seremoni yang bersifat resmi, dimana pjs Duta Besar memberi sambutan disambung dengan penjelasan singkat tentang BMT dan PBMT Indonesia oleh Joelarso, disertai beberapa Tanya jawab. Pembicaraan yang lebih ramah dan akrab berlangsung di banyak meja makan. Salah satu yang diharapkan oleh Dubes dan beberapa orang tamu undangan yang hadir adalah keterlibatan BMT dalam membantu para TKI di Malaysia.

Peserta BMT Summit Photo bersama di depan kampus International Islamic University Malaysia

Keesokan harinya, acara utama adalah kunjungan ke International Islamic University Malaysia (IIUM) dan ke Perdana Leadership Foundation. Di kampus IIUM, rombongan BMT diterima dan disambut dalam acara resmi di ruang senat oleh wakil rektor, Profesor Abdul Azis, Sedangkan sambutan dari pihak BMT disampaikan oleh Saat Suharto yang memberi penjelasan singkat tentang BMT. Pihak IIUM menyajikan film documenter tentang kampus, dilanjutkan dengan ceramah tentang perkembangan keuangan Islam di Malaysia oleh Prof. Abdurahim Abdurrahman. Setelah itu, rombongan diajak keliling kampus dan diberi jamuan makan siang. Sedangkan di Perdana Leadership Foundation, setelah diterima secara resmi, rombongan BMT disajikan film documenter dilanjutkan dengan melihat-lihat berbagai koleksi, khususnya perpustakaan.

Keluarga Besar Perhimpunan BMT Indonesia diterima oleh Pihak Kampus International Islamic University Malaysia

Acara utama keempat di Kuala Lumpur adalah studi banding ke Pusat Pengumpul Zakat (PPZ), dalam rangka pengembangan fungsi dan kelembagaan Maal di BMT. Sayangnya karena ada kendala teknis penerbangan yang terbagi dua, dengan pengunduran jadwal menjadi Kamis pagi, maka sebagian anggota rombongan harus pulang lebih dahulu, tak bisa mengikuti sesi ini. Namun sebagian besarnya bisa menyimak hingga akhir, penjelasan petinggi PPZ tentang berbagai hal terkait pengelolaan mereka. Sedangkan dari pihak BMT diwakili oleh Erie Sudewo.

Pada Kamis sore, seluruh rombongan tiba dengan selamat di bandara Soekarno Hatta, dimana sebagian besar peserta memiliki penerbangan lanjutan ke daerah masing-masing, atau dilanjutkan perjalanan darat. Meski tampak lelah ikut rangkaian acara 5 hari, api semangat mengembangkan gerakan BMT diyakini semakin berkobar di dada mereka. Insya Allah visi BMT 2020 akan terwujud, amien.

Sumber:  Alil Gibran

26 Comments

  1. siiip ya jalan2 ke malaysia… tp koq ga ketemu Mahathir Mohammad??? ato ketemu DUBES RI di Malaysia???

  2. Bersama, Masyarakatkan Ekonomi Syariah. dan syariahkan Ekonomi Masyarakat

  3. Semoga Visi BMT 2020 tercapai… Mantap!

  4. hartono bmt binamas

    semangat menuju haluan 2020…maju terus bmt sebagai soko guru perekonomian…

  5. Anonymous

    saya boleh dong ikut jalan-jalan sambil penelitian,soalnya desertasi saya ttg BMT

  6. agus

    BUAT PARA MANAGER BMT, JANGAN LUPA BORONG SAMSUNG GALAXY S4 BLACK MARKET DI BATAM YA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. semoga dengan diadakannya summit summit seperti ini , akan memperjelas strategi pemenangan bmt sebagai salah satu sokoguru perekonomian bangsa , salam sukses buat penyelengara

  8. Wal-Mart corporate social responsibility

  9. * Try not to sleep more than 7 – 8 hours, as that can trigger headaches

  10. Hey There. I discovered your weblog the usage of msn. This is an extremely smartly written article. I’ll make sure to bookmark it and return to learn extra of your useful info. Thanks for the post. I will certainly return.

  11. Oh my goodness! an exceptional write-up dude. Thank you Nonetheless I’m experiencing difficulty with ur rss . Do not know why Cannot register for it. Could there be any person getting identical rss difficulty? Anybody who knows kindly respond. Thnkx

  12. woah i like yur website. It genuinely helped me with the information i wus looking for. thank you, will save.

  13. Thanks for sharing superb informations. Your web-site is very cool. I’m impressed by the details that you have on this blog. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this web page, will come back for extra articles. You, my pal, ROCK! I found simply the info I already searched everywhere and just couldn’t come across. What a great site.

  14. ————————————————————————————–

  15. I simply want to inform you you that I am new to wordpress blogging and absolutely valued your website. Probably I am going to save your blog post . You literally have magnificent article materials. Be Thankful For it for share-out with us the best site write-up

  16. Hullo there, just become alert to your weblog thru search, and found that it is very really informative. I most certainly will be grateful if you happen to continue this in future. Many other people shall be gained out of your article

  17. But wanna comment that you have a very nice website , I love the design and style it actually stands out.

  18. Nicely written write-up, Glad I am able to locate a internet site with some knowledge plus a great writing style. You maintain publishing and I will contiune to maintain browsing.

  19. Hiya! Fantastic blog! I happen to be a everyday visitor to your site (somewhat a lot more like addict ) of this web site. Just wanted to say I appreciate your blogs and am searching forward for more to come!

  20. Thanks for providing such a great article, it was excellent and very informative. It is my very first time that I visit here. I discovered a great deal of informative stuff inside your article. Maintain it up. Thank you.

  21. I actually wanted to construct a simple word so as to express gratitude to you for those wonderful facts you are giving at this website. My time consuming internet investigation has now been rewarded with good quality facts and strategies to talk about with my relatives. I would say that many of us readers actually are very fortunate to dwell in a decent site with many outstanding professionals with interesting suggestions. I feel truly privileged to have seen your entire web page and look forward to many more brilliant times reading here. Thanks again for a lot of things.

  22. you are in point of fact a good webmaster. The web site loading pace is incredible. It kind of feels that you are doing any unique trick. Also, The contents are masterwork. you have done a magnificent job in this topic!

  23. Great – I should definitely pronounce, impressed with your web site. I had no trouble navigating through all tabs as well as related info ended up being truly easy to do to access. I recently found what I hoped for before you know it at all. Reasonably unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or something, web site theme . a tones way for your client to communicate. Nice task..

  24. At this time it looks like BlogEngine is the top blogging platform out there right now. (from what I’ve read) Is that what you are using on your blog?

Leave a Reply