Friday, April 26, 2024 17:21

PROPOSAL BMT SUMMIT 2011

Posted by on Thursday, October 13, 2011, 20:37
This item was posted in Database and has 15 Comments

I. DASAR PEMIKIRAN

Era perjuangan rintisan berdiri dan beroperasinya  Baitul Mal wa Tamwil (BMT) sejak tahun 1980-an berlangsung sekitar lima belas tahun. Era pertumbuhan yang luar biasa kemudian terjadi pada pertengahan tahun 1990-an. Sejak kurun itu, fenomenanya bisa disebut sebagai gerakan BMT, karena berskala nasional dan cukup masif.

Kini, jutaan orang bisa dilayani oleh ribuan BMT dengan jaringan kantor dan jejaring usahanya. Puluhan ribu pegiatnya secara langsung bisa “hidup”, bekerja sekaligus berjuang, dalam gerakan BMT. Ratusan ribu usaha produktif, sebagian besar berukuran mikro (sangat kecil), dapat dibantu untuk bertumbuh atau sekurangnya mempertahankan diri. Ratusan ribu orang lainnya berhasil ditolong dari keadaan darurat dalam memenuhi kebutuhan hidup yang vital.

Statistik yang akurat tentang BMT memang belum tersedia dan tak sepenuhnya dapat diverifikasi. Pusat Inkubasi Usaha Kecil (Pinbuk) pernah mengemukakan data dan memiliki daftar rinciannya bahwa sampai dengan pertengahan tahun 2006, terdapat sekitar 3200 BMT yang beroperasi di Indonesia. Pinbuk juga membuat perkiraan akan aset total BMT, yang diperhitungkan telah mencapai Rp 1,5 trilyun pada tahun 2005 dan Rp 2 triliun pada tahun 2006. Anggota dan calon anggota yang dilayani pada dianggap sekitar 3 juta orang.

Berdasar data Perhimpunan BMT Indonesia, dilengkapi pencermatan atas data Pinbuk, data kementerian koperasi, maka diperkirakan ada sekitar 3.900 BMT yang operasional sampai dengan akhir tahun 2010. Sebagian BMT yang sebelumnya ada dalam daftar Pinbuk memang tidak aktif lagi, namun banyak pula yang baru bermunculan. Total aset yang dikelola mencapai nilai Rp 5 trilyun, nasabah yang dilayani sekitar 3,5 juta orang, dan jumlah pekerja yang mengelola sekitar 60.000 orang.

Dengan demikian, BMT secara faktual berkembang menjadi salah satu lembaga keuangan mikro (LKM) yang penting di Indonesia, baik dilihat dari kinerja keuangan maupun jumlah masyarakat yang bisa dilayaninya. Segala kelebihan yang biasa dimiliki oleh LKM pun menjadi karakter BMT. Salah satunya, sebagaimana banyak diketahui, LKM lebih tahan terhadap goncangan perekonomian akibat faktor eksternal Indonesia, sebagaimana yang dibuktikan pada era krisis ekonomi 1997/98.

Dinamika BMT memberi kontribusi cukup besar pula bagi meningkatnya kepercayaan masyarakat pada nilai-nilai luhur. Baik yang berasal dari Islam secara syariah, maupun dari yang memang secara fitri merupakan bawaan manusia. Gairah untuk saling tolong menolong, memberi dan menerima, tanpa disertai rasa keangkuhan maupun rasa rendah diri, mulai berhasil ditegakkan kembali. Kepercayaan diri sebagai manusia bermartabat, serta kepercayaan kepada orang lain juga sebagai manusia yang bermartabat, ditambah dengan rasa optimis menghadapi persoalan ekonomi, perlahan-lahan berhasil ditumbuhkan.

Perhimpunan BMT (PBMT) Indonesia telah menegaskan bahwa jati diri BMT adalah lembaga dakwah. Secara historis, pendirian dan perkembangan gerakan BMT selalu berkaitan dengan nilai-nilai Islam dan respon atas kondisi umat Islam. Para pegiat pun berupaya mengedepankan berbagai identitas keislaman dalam operasionalisasinya, termasuk dalam proses dan kinerja sebagai badan usaha yang melaksanakan prinsip-prinsip syariah. Secara penamaan, lembaga beserta produk-produknya, mengesankan citra Islami. Konsekwensi logis dari semua itu, BMT harus bertanggungjawab untuk istiqamah terhadap jati diri yang demikian. Tidak saja kepada stakeholder yang bersifat sosiologis, melainkan juga bertanggung jawab kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Jati diri itu diimplementasikan ke dalam beberapa ciri pokok atau identitas utama dari BMT. Pertama, sebagai Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang menjadi motor penggerak sektor usaha mikro dan usaha kecil (UMK). Dengan fokus penyaluran kepada sektor UMK yang merupakan tumpuan hidup dari mayoritas rakyat Indonesia, maka diharapkan produktifitas masyarakat secara keseluruhan menjadi meningkat. Kedua, ciri pokok yang terkait fungsi Mal dalam aktivitas BMT. Fungsi Mal adalah sebagai salah satu alat pemberdayaan kaum miskin dengan skema-skema tertentu yang tak berdasar perhitungan bisnis atau keuangan. Ketiga, sebagai lembaga keuangan syariah, yang sepenuhnya tunduk kepada prinsip-prinsip dan aturan main syari’ah.

Akan tetapi, PBMT Indonesia menyadari bahwa perkembangan yang terbilang pesat itu belum optimal jika dilihat dari potensi yang jauh lebih besar. Ada banyak kendala dan tantangan dalam operasional, serta masih belum ada dukungan penuh dari beberapa pihak yang sebetulnya dibutuhkan. Tantangan internal terpenting diantaranya adalah: soal kepatuhan syariah (syariah compliance), soal mempertahankan idealisme gerakan, soal profesionalisme pengelolaan, soal pengembangan sumber daya insani, dan soal kerjasama antar BMT. Sementara itu, tantangan eksternal yang utama adalah: dinamika makroekonomi, masalah kemiskinan yang masih menghantui perekonomian Indonesia, dinamika sektor keuangan yang belum menempatkan keuangan mikro sebagai pilar utama, serta masalah legalitas dan regulasi untuk BMT.

PBMT Indonesia mendukung perlunya aturan main yang lebih jelas dan rinci terkait operasional keuangan mikro. Disadari bahwa kepastian hukum akan menguntungkan semua pihak, terutama rakyat kecil. LKM dibutuhkan antara lain karena fleksibilitasnya, kemudahan dan kecepatan pelayanan, maka regulasi diperlukan LKM agar dapat memberikan pelayanannya secara sustain (berkelanjutan). Undang-undang perbankan yang memungkinkan perbankan melayani usaha mikro, dalam kenyataannya masih belum mampu memberikan pelayanan sebagaimana yang diinginkan oleh usaha mikro dan masyarakat berpenghasilan rendah.

Sementara itu pula, PBMT Indonesia berkeinginan kuat untuk mengikuti dan mematuhi ketentuan syariah. Sekalipun menghadapi masalah yang cukup kompleks, upaya tersebut telah ditunjukkan dengan sangat jelas. Berbagai produk BMT dalam tahun-tahun belakangan merujuk kepada pedoman bagi perbankan syariah pada khususnya, serta fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) pada umumnya. Akad-akad yang dipergunakan sebagai pendukung produk tersebut terlihat lebih baku dengan rujukan yang cukup jelas. Mayoritas BMT memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS) atau yang bertugas serupa itu, dan cukup dilibatkan dalam operasional. Belakangan, PBMT Indonesia meneruskan usaha yang telah dirintis oleh berbagai pihak dari internal BMT sendiri, namun tetap mengikuti fatwa DSN-MUI serta mengadaptasi akad perbankan syariah. Dikenallah Pedoman Akad Syariah (PAS) BMT 001 yang ditetapkan pada tahun 2005, kemudian PAS BMT 002 pada tahun 2007, dan PAS BMT 003 pada tahun 2011. Tujuannya adalah agar seluruh produk dan transaksi keuangan mikro syariah BMT benar-benar dilakukan sesuai kaidah syariah secara utuh. Selain itu, pentingnya pembuatan akad bagi BMT karena lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) tersebut tidak dapat disamakan dengan lembaga keuangan syariah (LKS) lainnya seperti bank dan asuransi syariah. BMT memiliki penerapan akad berbeda dalam sejumlah produknya dibandingkan LKS lain.

Musyawarah Nasional PBMT Indonesia April 2010 juga telah menetapkan suatu cetak biru yang dinamakan “Haluan BMT 2020” dengan tujuan mengidentifikasi tantangan utama yang akan dihadapi oleh gerakan BMT pada sepuluh tahun mendatang. Haluan memuat penjelasan tentang jati diri BMT, semacam identitas dan citra diri yang melandasi operasi BMT serta menginspirasi para pegiatnya. Haluan juga mengetengahkan sekumpulan inisiatif strategis dengan prioritas yang jelas, sehingga para stakeholder dalam kegiatan pengembangan usaha BMT dapat memiliki pedoman untuk menyelaraskan aktivitasnya.

PBMT Indonesia selama dua tahun terakhir menyelenggarakan pula pertemuan tahunan yang disebut BMT Summit, yang pada tahun lalu dikemas sebagai “BMT SUMMIT dan TOP MANAGEMENT BMT WORKSHOP” pada tanggal 22-24 Oktober 2010 di hotel Bidakara Jakarta. Acara yang dihadiri oleh sekitar 150 manajer puncak dan pengurus BMT dari berbagai wilayah di Indonesia tersebut diyakini telah berhasil memperkuat konsolidasi antar BMT, mempertegas jati diri, memperkaya wawasan para top manajer, serta memperluas komunikasi kepada pihak lain.

BMT Summit 2011 dirancang sebagai lanjutan dari pertemuan tahunan sebelumnya serta disinergiskan dengan berbagai kegiatan dan tahap konsolidasi yang sudah dilakukan jaringan PBMT Indonesia. Secara internal, penekanan diberikan pada dua hal. Pertama, peningkatan kualitas sumber daya insani, yang dalam hal manajer puncak atau pengurus adalah pematangan visi. Kedua, peningkatan standarisasi operasional di lingkungan PBMT Indonesia. Sedangkan secara eksternal adalah peningkatan publikasi dan sosialisasi yang menegaskan posisioning BMT dalam perekonomian nasional.

Acara yang akan diikuti oleh sekitar 150 manajer puncak BMT dari berbagai wilayah di Indonesia itu terdiri dari dua bagian. Pertama, berupa forum musyawarah (summit) yang melanjutkan pembahasan beberapa tema utama yang telah diputuskan pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, disertai evaluasi perkembangan mutakhir dari gerakan BMT. Kedua, berupa forum komunikasi para manajer puncak dan pengurus BMT dengan pihak luar yang dianggap penting dan relevan. Pada bagian kedua diharapkan terjadi komunikasi yang optimal dengan para narasumber secara timbal balik sehingga berfungsi pula sebagai media publikasi gerakan BMT ke pihak lainnya.

Atas dasar pemikiran di atas, BMT Summit 2011 menilai amat perlu memfasilitasi para manajer puncak dan pengurus BMT untuk berkomunikasi secara langsung dengan dua tokoh besar, negarawan dari dua Negara yang diakui sangat visioner  Yaitu, Bapak Drs.H.M. Jusuf Kalla dan Bapak Dr. Mahathir Muhammad. Dari beliau berdua diharapkan para pegiat BMT mempertajam visi nya dalam membangun masa depan.

Secara teknis, BMT Summit 2011 akan diselenggarakan di Jakarta dan Kuala Lumpur. Pada hari pertama dan kedua diselenggarakan di Jakarta, dimana sebagian besar acara adalah bersifat rapat internal dan forum dengan beberapa nara sumber. Hari ketiga dan keempat diselenggarakan di Kuala Lumpur, dimana sebagian besar acara adalah silaturahmi dan komunikasi dengan beberapa pihak luar.

II. NAMA KEGIATAN

“BMT SUMMIT 2011”

III. TEMA

“Mempertegas posisi BMT dalam dinamika perekonomian nasional kini dan mendatang”

IV. TUJUAN

  1. Mengkonsolidasikan langkah dan kebijakan BMT-BMT
  2. Mempertajam visi para manajer puncak dan pengurus BMT
  3. Memperkuat positioning BMT dalam perekonomian Indonesia
  1. V. TARGET
  1. Diikuti oleh 150 jajaran manajer puncak dan pengurus BMT  berbagai wilayah Indonesia
  2. Para peserta mampu menjelaskan Visi BMT 2020
  3. Para peserta memahami dan mampu menjelaskan positioning BMT dalam perekonomian Indonesia
  4. Para peserta memahami tantangan perkembangan BMT dalam kurun waktu sepuluh tahun mendatang
  5. Para peserta terinspirasi untuk pengembangan BMT masing-masing
  6. Ada kesepakatan dan rekomendasi mengenai langkah strategis bagi gerakan BMT setahun ke depan
  7. Ada publikasi luas mengenai BMT Summit 2011

VI. BENTUK

  1. Musyawarah
  2. Ceramah nara sumber
  3. Diskusi
  4. Kunjungan/Silaturahmi
  1. VII. WAKTU

Ahad, 20 Nopember 2011 s/d Kamis, 24 Nopember 2011

VIII. TEMPAT

Jakarta dan Kuala Lumpur

IX. PANITIA

  1. Panitia Pengarah

ü  Ketua      :           Awalil Rizky

ü  Anggota :             a) Jularso                                             d) Mursida Rambe

b) Saat Suharto                                 e) Muhammad Ridwan

c) Asep Sudrajat

  1. Panitia Pelaksana

ü  Ketua    :              Ahmad Tarkalil

ü  Anggota:    a)      Ida Farida                                            d) Chozin Amirullah

b)          Desiyana Riana Yulia                      e) Niam Masykuri

c)          Media Arief Rizqie

X. ANGGARAN

Terlampir

XI. AGENDA

Minggu 20 Nop
13.00 – 14.00 Registrasi dan Check in
14.00 – 14.30 Cofee Break
14.30 – 15.00 Acara Pembukaan internal
15.00 – 16.00 Pengarahan DPP Perhimpunan BMT Indonesia
16.00 – 17.30 Ceramah bapak Erie Sudewo tentang karakter bulding
17.30 – 19.30 ISHOMA
19.30 – 21.30 Laporan Kegiatan DPP dan Rencana Kerja 2012
21.30 – 22.30 Laporan PBMT Ventura
Senin 21 Nop
06.30 – 07.30 Makan Pagi
07.30 – 08.30 Penjelasan tentang Haluan BMT
07.30 – 09.30 Penjelasan tentang BMT Institute dan sertifikasi
09.30 – 10.00 Coffee break
09.45 – 10.30 Seremoni Pembukaan (dengan undangan)
10.30 – 12.30 Ceramah Bapak Drs.H.M. Jusuf Kalla (Mantan Wakil Presdien RI)
12.30 – 14.00 Makan Siang
14.00 – 15.30 Ceramah bapak Parni Hadi
15.30 – 17.00 Ceramah bapak Ir. Adiwarman Karim SE,MBA,MSc
17.15 – 19.30 ISHOMA
19.30 –  21.30 Ceramah bapak  Dr. M. Syafi’I Antonio
21.30 – 22.00 Pengarahan tentang Perjalanan ke Kuala Lumpur
Selasa 22 Nop
05.00 – 05.30 Makan Pagi dan Check out
05.30 – 07.30 Perjalanan ke Bandara Soetta
07.30 – 09.00 Check in Bandara dan waiting flight
09.00 – 12.00 Flight ke Kuala Lumpur
12.00 – 13.00 Perjalanan ke Hotel
13.00 – 14.30 Makan siang dan Check in Hotel
14.30 – 15.00 Perjalanan ke kantor PPZ
15.00 – 17.00 Silaturahmi dengan Manajemen PPZ
17.00 – 17.30 Perjalanan ke Hotel
17.30 – 19.30 ISHOMA
19.30 – 20.00 Perjalanan ke Kedubes RI
20.00 – 22.00 Makan malam dgn masyarakat Indonesia/Dubes RI
22.00 – 22.30 Perjalanan ke Hotel
Rabu 23 Nop
07.00 – 08.00 Makan Pagi
08.00 – 12.00 Tour Kota dan ke kampus Universitas Kebangsaan
12.00 – 13.00 ISHOMA
13.00 – 14.00 Perjalanan ke pertemuan dengan Dr. Mahathir Mohammad
14.00 – 16.00 Ceramah Bapak Dr. Mahathir Mohammad
16.00 – 22.00 Tour Kota
22.00 – 22.30 Perjalanan ke Hotel
Kamis 24 Nop
07.00 – 08.00 Makan Pagi dan Check out
08.00 – 12.00 Tour Kota
12.00 – 13.00 Makan siang dan perjalanan ke Bandara
13.00 – 14.30 Check in dan waiting flight
14.30 – 15.30 Flight to Jakarta/Solo/Bandung

ANGGARAN BMT SUMMIT 2011

NO URAIAN SATUAN (Rupiah) JUMLAH (Rupiah)
1 SOSIALISASI DAN PUBLIKASI

  • Sosialisasi melalui fax dan surat
  • Sosialisasi melalui email, website, facebook
  • Sosialisasi melalui media cetak
  • Sosialisasi melalui pers release
2.500.000

25.000.000

5.000.000

27.500.000
2 PENYEDIAAN SARANA DAN PRASARANA

  • Cetak Undangan dan Proposal
  • Pengiriman Undangan dan Proposal
  • Alat tulis kantor
  • Biaya komunikasi (telpon, voucher pulsa)
  • Tas dan tools Kits Peserta
  • Penggandaan Bahan Rapat dan diskusi
  • Kaos Peserta
  • Plakat/vandel
  • Backdrop, stage dan Desain
  • Dokumentasi (Foto dan Video)
  • Laporan Pelaksanaan dan Penggandaannya
3.000.000

2.500.000

500.000

1.500.000

15.000.000

1.500.000

15.000.000

6.000.000

7.500.000

5.000.000

2.500.000

60.000.000
3 BIAYA PERSONALIA

  • Organizer
  • Nara Sumber
  • Undangan khusus (wartawan)
25.000.000

20.000.000

15.000.000

50.000.000
4 AKOMODASI, KONSUMSI & TRANSPORTASI JAKARTA

  • Transportasi local
  • Akomodasi di Jakarta
  • Konsumsi di Jakarta
15.000.000

60.000.000

30.000.000

105.000.000
5 TRANSPORTASI JAKARTA – KUALA LUMPUR

  • Tiket dan airportax pulang-pergi
300.000.000 300.000.000
6 AKOMODASI, KONSUMSI & TRANSPORTASI DI KL

  • Transportasi local
  • Akomodasi di Kuala Lumpur
  • Konsumsi di Kuala Lumpur
  • Tiket tempat wisata
75.000.000

60.000.000

45.000.000

15.000.000

195.000.000
7 LAIN – LAIN

  • Lain-lain dan yang tak terduga
22.500.000 22.500.000
TOTAL ANGGARAN 760.000.000


15 Comments

  1. AMALUDDIN M, ST

    Ass. Al Wr. BMT insya Allah sukses…!!! oh ya untuk biaya per orang BMT SUMMIT 2011 totalnya brapa mas ? setorannya mulai kapan bisa di setorkan ? syukron jazakallh khoir….

  2. WAHYU SUPRIADI

    Saya mau bergabung pada acara yang di jakarta saja, berapa biayanya dan disetorkan kemana? tks

  3. MARDI, SE, MEI

    ikut seminar dan acara bmt di yogyakarta 2012

  4. Thanks a lot. I value this!|

  5. I discovered your blog site on google and check just a few of your early posts. Proceed to preserve up the excellent operate. I just extra up your RSS feed to my MSN Data Reader. Seeking forward to reading far more from you in a whilst!…

  6. Hi, you might have post here a extremely useful information for every person who seeking to learn a lot more data on this subject. I read it with most enjoyment and believe that everyone can apply it for their own use. Thank you for helpful post. Looking to read a lot more from you.

  7. I see your point, and I entirely appreciate your article. For what its worth I will tell all my buddies about it, quite resourceful. Later.

  8. Right wow messages are bound to show your and supply memorialize the speacial couple. Beginner sound system to high in volume crowds ought to always take a look at all of the fantastic value behind presenting and public speaking, which is to be someone’s truck. greatest man speeches brother

  9. Excellent goods from you, man. I’ve recognize your stuff previous to and you’re just extremely great. I in fact like what you’ve acquired here, definitely like what you are stating and the way in which you say it. You make it enjoyable and you nonetheless care for to keep it sensible. I can’t wait to read much more from you. This really is really a great internet internet site. xrumer

  10. Nice post. I recognize some thing much more challenging on diverse blogs everyday. It will always be stimulating to learn content material from other writers and rehearse something from their website. I’d prefer to use some even though utilizing the content in my small weblog whether or not you do not mind. Natually I’ll supply you with a link on the web blog. Thanks for sharing.

  11. A lot of thanks for spending some time to write about this, I really feel clearly about it and I really like to researching far much more about this concern. Whenever possible, would you mind updating your weblog with a whole lot a lot more information? It is very useful for me.

  12. Loving the info on this web site , you’ve done excellent job on the posts .

  13. I know this site presents quality depending content and other stuff, is there any other site which gives such data in quality?|

  14. Thanks for another great article. The place else may just anybody get that type of info in such an ideal means of writing? I have a presentation subsequent week, and I am at the look for such information.|

Leave a Reply